Pengaruh Imperialisme Barat Terhadap Kebudayaan Indonesia

Pengaruh Imperialisme Barat Terhadap Kebudayaan Indonesia

Imperialisme menonjolkan sifat-sifat keunggulan oleh satu bangsa atas bangsa lain. Tujuan utama imperialisme adalah menambah hasil ekonomi.Negara-negara imperialis ingin memperoleh keuntungan dari negeri yangmereka kuasai karena sumber ekonomi negara mereka tidak mencukupi. Selain faktor ekonomi, terdapat satu kepercayaan bahwa sebuah bangsa lebih mulia ataulebih baik dari bangsa lain yang dikenal sebagai ethnosentrism, contoh bangsaJerman (Arya) dan Italia. Faktor lain yang menyumbang pada dasar imperialismeadalah adanya perasaan ingin mencapai taraf sebagai bangsa yang besar dan memerintah dunia, misalnya dasar imperialisme Jepang.

A.Imperialisme di Indonesia

Imperialisme sistem politik yang bertujuan untuk menjajah Negara lain untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan yang lebih besar. Maksudnya Negara yang dijajah tersebut di ambil alih kendali pemerintahannya lalu dikembangkan.Istilah  imperialisme  yang  diperkenalkan  di  Perancis  pada  tahun  1830-an  , imperium  Napoleon  Bonaparte.  Pada  tahun  1830-an,  istilah  ini  diperkenalkan  oleh penulis Inggris untuk menerangkan dasar-dasar perluasan kekuasaan yang dilakukan oleh  Kerajaan  Inggris.  Orang  Inggris  menganggap  merekalah  yang  paling  berkuasa(Greater  Britain)  karena  mereka  telah  banyak  menguasai  dan  menjajah  di  wilayahAsia  dan  Afrika.  Mereka  menganggap  bahwa  penjajahan  bertujuan  untukmembangun  masyarakat  yang  dijajah  yang  dinilai  masih  terbelakang  dan  untuk kebaikan dunia.

Dasar imperialisme awalnya bertujuan untuk menyebarkan ide-ide dankebuadayaan Barat ke seluruh dunia. Oleh karena itulah, imperialisme bukan hanya dilihat sebagai penindasan terhadap tanah jajahan tetapi sebaliknya dapat menjadi faktor pendorong pembaharuan-pembaharuan yang dapat menyumbang kearah pembinaan sebuah bangsa seperti pendidikan, kesehatan, perundang-undangan dan sistem pemerintahan.

Tujuan imperialisme:
1. Imperialisme politik; menguasai seluruh kehidupan politik dari negara lain.
2. Imperialisme ekonomi; satu upaya menguasai seluruh kehidupan ekonomi dari negara lain.
3. Imperialisme kebudayaan; upaya menguasai mentalitas dan jiwa dari negara lain.
4. Imperialisme militer; upaya untuk menguasai daerah dari negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan senjata.

b.Wujud Pengaruhnya terhadap Kebudayaan Indonesia

Pengaruh yang dibawa oleh imperialism barat ke Indonesia tidak hanya mempengaruhi bidang-bidang tertentu saja, tetapi mempengaruhi juga system kehidupan bermasyarakat khususnya dalam bidang budaya.Kita ambil contoh budaya-budaya di Indonesia yang ada sekarang karena itu yang lebih banyak digunakan oleh masyarakat adalah hasil dari imperialism.

 

Leave a comment